Jika Anda ingin melakukan penerbangan, biasanya Anda menggunakan kendaraan pribadi maupun bis sebagai sarana transportasi dari suatu tempat ke bandara. Nah, jika Anda ingin melakukan penerbangan dengan menggunakan jasa pelayanan Virgin Atlantic Airways, Ltd (VAA) maka Anda akan dimanjakan dengan progam terbaru mereka yang dinamakan program Driveway.

Program Driveway sendiri merupakan layanan transportasi yang menggunakan mobil lansiran General Motor (GM) Chevrolet Equinox Hydrogen bagi penumpang VIP VAA di bandar udara internasional Los Angeles (LAX). "Proyek yang dinamakan GM Driveway ini akan berlangsung dalam jangka waktu 30 bulan," jelas Sir Richard Branson selaku Presiden Virgin Atlantic dan Wakil Presiden untuk penelitian, pengembangan dan perencanaan GM Dr. Lawrence Burns saat konferensi persnya di New York.

Pihak Virgin sendiri akan memulai proyek ini dengan tiga unit mobil listrik Chevrolet Equinox fuel cell berbahan bakar hydrogen yang dioperasikan guna melayani rute Los Angeles ke bandara, sejak awal Maret kemarin. Setelah itu, kemungkinan besar kerjasama Chevrolet dan Virgin tersebut juga akan melakukan kegiatan serupa di New York.

"Saya mengucapkan terima kasih untuk Sir Richard, atas kerjasama GM bersama Virgin," ucap Larry Burns. "GM melihat kerjasama ini sebagai dukungan penting terhadap teknologi fuel cell dan kendaraan listrik kami. Hal ini juga merupakan langkah terobosan untuk mendemonstrasikan sebuah DNA baru bagi industri otomotif," tambah Burns.

Sementara itu, Sir Richard Branson menjelaskan, "Misi kami adalah menjadi maskapai yang bersih, baik di udara maupun di darat. Program bersama General Motors saat ini menegaskan kami adalah pionir dalam industri penerbangan yang mengurangi emisi pada semua aspek di layanan kami."

Chevrolet Equinox fuel cell

Meski kendaraan listrik bebas emisi ini menyerupai Chevy Equinox crossover, namun perbedaan yang cukup signifikan terlihat dari sistem penggeraknya yang dioperasikan melalui fuel cell hydrogen generasi keempat GM. Sistem fuel cell-nya disesuaikan dengan ukuran kompartemen mesin konvensional. Sedangkan, baterai yang terbuat dari campuran nikel, befungsi sebagai tempat menampung energi pada saat pengereman untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan akselerasi jika diperlukan.

Tiga tangki penyimpanan hydrogen, yang terbuat dari fiber karbon memiliki daya tekan hingga 10.000 psi, dan diletakkan di bawah bangku penumpang belakang dan bagasi. Kapasitas tangki dapat menampung sekitar 4,2 kg bahan bakar hydrogen. Sehingga, pada saat hydrogen terisi penuh, maka kendaraan fuel cell hydrogen generasi keempat GM tersebut mampu menempuh perjalanan hingga mencapai 241 km.

Selain bebas emisi, Equinox fuel cell juga ditunjang dengan sederetan fitur standar keselamatan bagi pengemudi dan penumpang seperti sistem airbag pada bagian depan, samping dan atap kendaraan plus Anti-lock Braking System (ABS) dan StabiliTrac yang merupakan stabilisator tambahan dari OnStar, sebuah anak perusahaan GM yang mengembangkan teknologi keamanan di dalam produk-produknya.

0 komentar