Beragam kegiatan bagi para konsumennya di tanah air telah dipersiapkan PT. Toyota Astra Motor (TAM) dalam menghadapi tahun 2008. Khususnya diperuntukkan bagi para youngsters atau kawula muda, beragam program kegiatan dalam rangka untuk merangkul sisi kreativitas dan bakat kembali diselenggarakan di dalam satu even "Yaris Show Off 2008". Untuk tahun ini, TAM akan melaksanakannya di kota Surabaya pada tanggal 30 Mei - 1 Juni 2008 dan di Jakarta tanggal tanggal 6 - 8 Juni 2008.

Dilaksanakannya ajang kompetisi ini untuk mengulang kesuksesan di tahun 2007, dimana keinginan dan hasrat kawula muda dalam memodifikasi tunggangannya dapat tersalurkan. "Secara continue kami berupaya mengadakan kegiatan yang menantang para youngster dalam berkreatifitas secara positif. Dengan adanya kompetisi seperti ini kami yakin mereka semakin termotivasi untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya," ungkap Joko Trisanyoto, Marketing Director TAM saat press conference di Pondok Indah Mall II, Kamis (13/3).

Dengan mengusung tema "The Great Battle: Elegance vs Racing", even Yaris tahun ini terbagi dalam 3 aktivitas, yakni Modification Contest, Groovy Inspire Contest serta Groovy Design Contest. Kontes memodifikasi mobil Yaris menjadi kegiatan utama kompetisi tersebut dan akan berlangsung selama bulan Maret - Juni 2008. Adapun persyaratannya adalah setiap mobil yang diikutsertakan harus layak jalan untuk dipergunakan sehari-hari, serta tidak mengurangi fungsi dan fasilitas keselamatan yang ada seperti misalnya lampu, rem, seatbelt dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk dua kegiatan lainnya para peserta tidak diharuskan memiliki mobil Yaris, karena sisi penilaiannya diukur dari daya kreativitas, inovasi ide, serta desain modifikasi tentang segala sesuatu dari dalam 'tubuh' Yaris, seperti mengambil dari eksterior, interior dan kelengkapannya, serta aksesorisnya. "Karena itu, tak hanya mereka yang memiliki mobil sebagai media kreativitasnya saja yang bisa mengikuti even ini. Melalui kontes Groovy Inspire maupun Groovy Design, para yougster dapat menuangkan ide-idenya dalam media yang relatif lebih sederhana," tambah Joko.

Bagi Anda yang tertarik, cara pendaftarannya mudah. Cukup mengakses di alamat www.groovynations.com dari tanggal 13 Maret - 23 Mei 2008 dan setiap peserta tidak dipungut biaya sama sekali. Sementara itu dengan mengakses ke website tersebut, seluruh aktivitas even serta kegiatan lain seperti Yaris di olahraga motor sport dan Smart Driving Coaching Clinic tersedia di dalamnya.

Bersamaan dengan diumumkannya Yaris Show Off 2008, TAM memperkenalkan varian terbaru Yaris J Grade dan facelift untuk seluruh tipe. Lewat perubahan pada grill, TAM mencoba memberikan sentuhan baru pada tampilan seluruh tipe Yaris di Indonesia. Sedangkan untuk varian J Grade, pihak TAM ingin memberikan warna dalam menjawab kebutuhan pasar yang mengutamakan aspek value for money.

Adapun perbedaannya dengan tipe E standard adalah pada ketersediaan fitur secondary safety, dimana pada varian baru ini tidak tersedia fitur ABS, EBD, BA dan airbags. Namun kesemuanya itu menurut Joko, tidaklah menghilangkan desain Yaris yang stylish, fitur yang lengkap, primary safety berstandar global, performa dan kenyamanannya. "Adanya facelift dan hadirnya varian baru ini semata-mata untuk memperlebar pasar Yaris di Indonesia, agar lebih dikenal lebih banyak oleh masyarakat dan kawula muda. Kami berharap melalui improvement yang terus menerus seperti ini, Yaris akan selalu mendapatkan tempat di hati para pelanggan," ujarnya lebih lanjut.

Menurut Joko tahun ini penjualan Yaris ditargetkan mampu meraih 30 %. "Jika dilihat dari prediksi pasar yang mencapai 500 ribu unit lebih, berarti pasar hatchback dapat mencapai sekitar 50 ribu unit. Dari jumlah ini setidak-tidaknya Yaris bisa menguasai sepertiganya dan berbagi rata dengan pemain lainnya, seperti Honda Jazz serta Swift," tutup Joko. Untuk varian J Grade, TAM menawarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual (Rp. 145,1 juta) dan otomatis (Rp 155,3 juta).

Penjualan Toyota Bulan Februari 2008

Beralih ke penjualan produk-produk Toyota di tanah air, sepanjang bulan Februari 2008 Toyota mampu membukukan angka sebanyak 16.183 unit atau memperoleh pangsa pasar sebesar 34,1 %. Dibandingkan perolehan bulan Januari, jumlah ini meningkat hingga 2.432 unit atau tumbuh hampir mencapai 18 %.

Peningkatan tersebut dapat terlihat dari penjualan kendaraan non-komersil maupun komersil. Pada pasar non-komersil, Toyota mampu mencatatkan angka 14.579 unit dengan perolehan pangsa pasarnya mencapai 42,6 %. Sedangkan untuk kendaraan komersil mencatatkan peningkatan sebesar 62,3 % dari bulan sebelumnya, dengan jumlah 1.604 unit. "Dengan adanya peningkatan yang signifikan pada penjualan Toyota di pasar kendaraan non-komersil maupun komersil tersebut, posisi Toyota tetap memimpin di pasar otomotif nasional," ungkap Johnny Darmawan, President Director TAM.

Sementara untuk total penjualan di pasar otomotif nasional selama bulan Februari adalah mencapai 47.507 unit, dengan komposisi tiga besar yang terdiri dari Toyota (34,1 %), Suzuki (13,9 %) dan Mitsubishi (13,6 %). Berikut adalah jumlah penjualan produk-produk Toyota sepanjang bulan Februari 2008, baik untuk kendaraan non-komersil maupun niaga.

Segmen kendaraan non-komersil

Kijang Innova 4.670 unit
Avanza 5.709 unit
Rush 995 unit
Yaris 784 unit
Vios 785 unit
Camry 304 unit
Altis 241 unit
Fortuner 4x2 509 unit
Fortuner 4x4 72 unit

Segmen kendaraan niaga

Truk Dyna 950 unit



Sumber : Beritaatpm.com

0 komentar