I miss but I hate You

Diposting oleh riza_pratamapurba | Kamis, Februari 28, 2008 | 0 komentar »

MySpace Graphics

Pengertian / Definisi dari Manajemen

1. Pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Pengertian Manajemen Menurut Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Sementara itu, Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Manajemen yang bila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah usaha mengelola sesuatu untuk suatu misi tertentu, dengan visi dan strategi yang dicanangkan untuk memantapkan semua usaha komponen organisasi dalam bergerak ke arah yang dituju.

Manajemen bisa diartikan berbagai macam, tergantung definisi=definisi yang dipahami oleh pembaca. Manajemen secara umum, memang mudah untuk diartikan, tapi bisa mengakibatkan banyak bias bila mulai didetailkan.

Banyak orang memposisikan dirinya sebagai ahli manajemen, dan banyak pula orang yang berstrategi untuk mencapai posisi image sebagai ahli manajemen. Setiap keahlian sudah pasti punya tingkat kompetensi tertentu sehingga dalam perjalanannya bisa menghasilkan banyak hal yang sesuai dengan posisi image yang dituju.

Prolog dari atas tadi, hanya mau membuka-buka, bahwa metode manajemen luar biasa banyaknya didunia ini, bila kita melihat padapengembangan turunanpada level yang terlalu jauh dari sumber ilmunya. Setiap kita bisa pulai mulai mencari dan menelusuri siapa yang sebenarnya mencanangkan dan menunjukkan hasil karya pertama-nya dalam ilmu manajemen…. Mudah2an bisa jadi PR yang baik buat kita semua, yang bisa digunakan untuk memberi manfaat bagi generasi penerus bangsa. Selanjutnya.

DEFINISI MANAJEMEN

Bahwa pada dasarnya manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi: Planning, Organizing, Staffing, Leading dan Controlling.

Apa itu Manajemen ? Ada beberapa pendapat dari pakar manajemen tentang definisi manajemen, yaitu :

  • Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain (George R. Terry)

  • Menurut The Liang Gie, Drs., Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan-tindakan dalam usaha kerjasama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.

  • Sedangkan menurut Sondang P. Siagian, Mpa, Manajemen adalah kemampuan / keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain.



0 komentar